Dalam industri game, ada berbagai cara untuk menilai kualitas dan kesuksesan sebuah judul. Salah satu platform yang sangat populer dalam memberikan penilaian terhadap game, film, musik, dan bahkan acara TV adalah Metacritic. Meskipun awalnya hanya dikenal di kalangan penggemar film, Metacritic kini telah menjadi sumber informasi yang sangat berpengaruh di dunia game, memberikan gambaran tentang bagaimana sebuah game diterima oleh kritikus dan pemain secara keseluruhan. Artikel ini akan membahas secara detail tentang apa itu Metacritic dan bagaimana platform ini mempengaruhi penilaian game, serta dampaknya terhadap industri game secara umum.
Apa Itu Metacritic?
Metacritic adalah situs web yang mengumpulkan ulasan dan penilaian dari berbagai sumber terkemuka di dunia hiburan, termasuk video game, film, musik, dan acara televisi. Platform ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh Marc Doyle dan Julie Doyle. Tujuan utama dari Metacritic adalah untuk memberikan gambaran umum tentang bagaimana sebuah produk diterima oleh kritikus dan konsumen dengan mengompilasikan ulasan-ulasannya dalam satu skor yang mudah dipahami.
Metacritic mengumpulkan ulasan dari berbagai situs web, majalah, dan media yang memiliki reputasi di industri game. Setiap ulasan kemudian diberi skor numerik, dan Metacritic akan menghitung skor rata-rata berdasarkan ulasan tersebut. Skor ini kemudian disajikan dalam bentuk angka yang berkisar antara 0 hingga 100, dengan 90 ke atas menunjukkan penerimaan yang sangat positif, dan 60 ke bawah menandakan penilaian yang lebih negatif.
Skor Metascore yang diberikan oleh Metacritic sering kali menjadi salah satu acuan utama bagi para pemain dalam menentukan apakah sebuah game layak dimainkan atau tidak. Namun, banyak orang juga memperhatikan user score atau skor pengguna yang menunjukkan bagaimana pemain biasa merespons game tersebut, yang bisa berbeda jauh dengan pendapat para kritikus.
Bagaimana Cara Metacritic Menilai Game?
Proses penilaian yang dilakukan oleh Metacritic dapat terlihat sederhana, namun pada kenyataannya, ada banyak faktor yang memengaruhi cara skor akhir sebuah game ditentukan. Berikut adalah gambaran umum mengenai cara Metacritic menghitung Metascore untuk game:
1. Pengumpulan Ulasan dari Berbagai Sumber
Metacritic mengumpulkan ulasan dari berbagai sumber yang diakui kredibilitasnya di dunia game. Ini termasuk situs-situs besar seperti IGN, GameSpot, Polygon, serta majalah dan outlet online lainnya yang memiliki pengaruh besar dalam industri. Metacritic akan memilih ulasan-ulasan dari sumber yang dianggap kredibel dan mengabaikan ulasan dari sumber yang tidak diakui atau kurang berpengaruh.
2. Penilaian Skor Numerik
Setiap ulasan yang diterima oleh Metacritic akan diberikan skor numerik, yang biasanya berkisar antara 0 hingga 100. Skor ini mencerminkan kualitas dan kesan yang diberikan oleh pengulas terhadap game tersebut. Sebagai contoh, jika sebuah game dianggap sangat baik, maka skor yang diberikan oleh pengulas bisa mencapai angka 90 atau lebih. Sebaliknya, jika sebuah game mendapat banyak kritik negatif, maka skornya bisa sangat rendah, misalnya di bawah 50.
3. Rata-Rata Skor
Setelah semua ulasan terkumpul, Metacritic akan menghitung rata-rata dari semua skor yang diterima. Skor akhir yang diberikan oleh Metacritic adalah Metascore, yang mencerminkan seberapa baik game tersebut diterima oleh para kritikus. Metascore ini adalah angka yang sering dijadikan acuan utama oleh para gamer yang mencari panduan tentang kualitas sebuah game.
4. Pembobotan Skor
Metacritic tidak memberikan bobot yang sama untuk setiap sumber ulasan. Beberapa media yang lebih dikenal atau lebih berpengaruh dalam industri game bisa memiliki pengaruh lebih besar terhadap skor akhir. Oleh karena itu, meskipun sebuah game mendapatkan banyak ulasan positif dari sumber kecil, namun jika game tersebut tidak mendapatkan ulasan positif dari situs besar dan terkenal, maka skor akhir game tersebut bisa lebih rendah.
Pengaruh Metacritic Terhadap Penilaian Game
Sebagai salah satu platform penilaian terbesar di dunia hiburan, Metacritic memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap cara pandang orang terhadap sebuah game. Skor yang tinggi di Metacritic dapat meningkatkan kepercayaan diri pengembang game, menarik perhatian pemain potensial, serta memberikan dorongan besar bagi penjualan game tersebut. Di sisi lain, skor rendah dapat menurunkan minat pemain untuk membeli game, meskipun beberapa pemain mungkin masih tertarik untuk mencoba game tersebut berdasarkan user score yang lebih positif.
1. Mempengaruhi Penjualan dan Popularitas Game
Salah satu dampak terbesar dari Metacritic adalah pengaruhnya terhadap penjualan game. Skor Metascore yang tinggi sering kali menjadi indikator bahwa sebuah game memiliki kualitas yang baik, sehingga banyak pemain yang lebih cenderung untuk membeli atau mencoba game tersebut. Misalnya, game seperti The Witcher 3: Wild Hunt dan Red Dead Redemption 2 memiliki skor Metascore yang sangat tinggi, yang ikut membantu memperkuat popularitas dan kesuksesan penjualannya.
Sebaliknya, game yang mendapatkan skor rendah di Metacritic cenderung memiliki penjualan yang lebih buruk, meskipun dalam beberapa kasus, game-game tersebut masih memiliki penggemar setia yang tetap bermain meskipun mendapatkan ulasan negatif.
2. Pengaruh Terhadap Reputasi Pengembang dan Penerbit
Metacritic juga memengaruhi reputasi pengembang dan penerbit game. Skor tinggi di Metacritic dapat memberikan pengakuan bagi pengembang dan tim yang terlibat dalam proyek tersebut. Sebaliknya, skor rendah dapat merusak reputasi mereka, terutama jika game tersebut mendapatkan banyak kritik terkait desain, gameplay, atau kualitas teknis. Oleh karena itu, pengembang sering kali berusaha keras untuk mendapatkan skor tinggi di Metacritic, baik melalui pengujian kualitas yang ketat maupun dengan mendengarkan umpan balik dari para pengulas.
3. Penilaian Berdasarkan User Score
Meskipun Metascore atau skor kritikus adalah yang paling diperhatikan, skor dari pemain atau user score juga memberikan gambaran yang berbeda. Beberapa game mungkin mendapatkan skor tinggi dari kritikus tetapi mendapatkan ulasan rendah dari pengguna, atau sebaliknya. Hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan pandangan antara pengkritik yang mencari inovasi dan kualitas dalam desain, sementara pemain lebih fokus pada aspek hiburan atau fitur yang lebih bersifat pribadi.
Beberapa game yang memiliki user score rendah dapat mendorong pengembang untuk melakukan perbaikan melalui patch atau pembaruan konten. Sebaliknya, sebuah game dengan user score tinggi sering kali menunjukkan bahwa game tersebut memenuhi harapan pemain dalam hal gameplay dan pengalaman keseluruhan.
Kritikan Terhadap Sistem Penilaian Metacritic
Meskipun Metacritic memiliki pengaruh besar dalam industri game, sistem penilaiannya tidak luput dari kritik. Salah satu kritik terbesar adalah bahwa Metascore sering kali tidak sepenuhnya mencerminkan kualitas sebuah game secara objektif. Terkadang, sebuah game bisa mendapatkan skor yang buruk hanya karena masalah teknis yang sementara atau karena preferensi pribadi dari beberapa kritikus, meskipun game tersebut memiliki kualitas gameplay yang baik.
Selain itu, adanya review bombing, di mana sekelompok pemain memberikan ulasan negatif secara massal terhadap sebuah game, dapat memengaruhi skor dari pengguna dan memberikan gambaran yang tidak akurat tentang game tersebut. Misalnya, cyber attack atau kontroversi tertentu bisa memengaruhi skor pengguna tanpa alasan yang objektif.
Kesimpulan
Metacritic telah menjadi platform penting yang memengaruhi penilaian game dan keputusan pembelian para pemain. Dengan mengumpulkan ulasan dari berbagai sumber terpercaya, Metacritic memberikan gambaran umum tentang kualitas dan penerimaan sebuah game di pasar. Namun menurut situs pafikotpelaihari.org, meskipun pengaruhnya besar, penting untuk diingat bahwa skor Metacritic tidak selalu mencerminkan pengalaman pribadi pemain, dan setiap orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda terhadap sebuah game. Oleh karena itu, meskipun Metacritic adalah alat yang berguna untuk mendapatkan gambaran umum, pemain tetap disarankan untuk mengeksplorasi lebih dalam dan mencoba game tersebut sebelum membuat keputusan akhir.